TV PROGRAMS

Pertemuan tatap muka pertama antara Trump dan Putin di G20..

Presiden AS Donald Trump akan melakukan pertemuan tatap muka pertama dengan pemimpin Rusia Vladimir Putin pada pertemuan puncak G20 di Hamburg Jerman.

Kedua pemimpin negara ini mengatakan ingin memperbaiki hubungan, yang dirusak dengan krisis Suriah dan Ukraina, dan juga dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu AS.

Menjelang G20, 76 polisi terluka dalam bentrokan dengan pemrotes. Pawai besar juga diperkirakan akan dilakukan Jumat (07/07) ini.

Dalam pertemuan ini, para pemimpin memiliki perbedaan pandangan terhadap perubahan iklim dan perdagangan.

Dua pemimpin ini akan bertemu pada Jumat (07/07) sore waktu setempat di sela-sela pertemuan G20.

Media Rusia melaporkan bahwa pertemuan akan terjadi sekitar satu jam, tetapi kemudian memperkirakan hanya 30 menit saja.

Dua presiden ini diperkirakan akan membahas masalah Suriah dan Ukraina.

Pada Kamis (06/07), Trump menyampaikan sebuah pidato di Ibu kota Polandia untuk meminta Rusia untuk berhenti “mendestablilisasi” Ukraina dan negara lain.

Moskow harus menghentikan dukungan untuk “rezim yang berseteru” seperti di Suriah dan Iran serta “bergabung dengan komunitas negara-negara yang bertanggung jawab”, kata dia.

Presiden Trump mendesak Rusia untuk bergabung “berperang melawan musuh bersama dan mempertahankan perabadan itu sendiri”.

Kremlin telah membantah komentar Trump.

Rusia menganeksasi bagian selatan semenanjung Krimea, Ukraina pada 2014, dan dituduh mengirimkan pasukan dan senjata untuk separatis di bagian Timur Ukraina.

Moskow membantah tuduhan itu, tetapi mengakui bahawa Rusia “secara sukarela” berperang bersama pemberontak.

Di Suriah, Washington mendukung sejumlah kelompok oposisi bersenjata, sementara Moskow merupakan sekutu utama Presiden Bashar al-Assad.

Kremlin telah menekankan pentingnya untuk mencari kesamaan pandangan, tetapi pilihan kata-kata dalam pidato Trump terhadap Rusiadi Warsawa menunjukkan dia memahami bahwa politik dengan terlihat terlalu dekat dengan Putin dan dia telah berupaya untuk melakukan sejumlah serangan, seperti dilaporkan wartawan BBC James Robbins.

Dan masih harus dilihat apakah isu tuduhan campur tangan Rusia terhadap pemilihan presiden AS pada 2016 akan dibahas dalam pertemuan Trump dengan Putin.

Leave a comment