Talkshow….

 

Talk Show atau gelar wicara adalah suatu jenis acara televisi atau radio yang berupa perbincangan atau diskusi seorang atau sekelompok orang “tamu” tentang suatu topik tertentu (atau beragam topik) dengan dipandu oleh pemandu gelar wicara. Tamu dalam suatu gelar wicara biasanya terdiri dari orang-orang yang telah mempelajari atau memiliki pengalaman luas yang terkait dengan isu yang sedang diperbincangkan. Suatu gelar wicara bisa dibawakan dengan gaya formal maupun santai dan kadang dapat menerima telepon berupa pertanyaan atau tanggapan dari pemirsa atau orang di luar studio. (dikutip dari sumber Wikipedia Indonesia)

Acara Talk Show di televisi maupun radio sudah begitu banyak macamnya, namun disini Penulis hanya mengambil contoh dari beberapa Talk Show yang hadir di televisi dimana benar-benar memiliki kualitas diantaranya :

1. Mata Najwa (Metro TV)

Apa sisi menarik dari Mata Najwa, dari apa yang Penulis perhatikan bukan saja program acaranya dibawa secara ekslusif akan tetapi juga memiliki sosok figur didalamnya yaitu Ibu Najwa Shihab. Sosok yang Penulis katakan cerdas dan kritis dalam bertanya, siapapun yang menontonnya dapat dibuat terpukau bagaimana setiap kali beliau membawakan program acara tersebut. Dilain pihak tokoh-tokoh yang diundang ke dalam program acara Mata Nazwa seringkali banyak menarik perhatian publik dari segi keingintahuan dan untuk mendapatkan informasi yang seakurat-akuratnya. Materi-materi yang dibawakannya pun beragam tidak terbatas dari apa yang sedang publik ramai bicarakan, namun juga materi yang terkadang terlupakan maupun kurang diperhatikan.

2. Kick Andy (Metro TV)

Program acara ini dipandu oleh Bapak Andy F. Noya, apa yang menarik dari Talk Show ini? Format program acara ini dibuat santai dengan menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif. Dari segi pertanyaan yang diutarakan pun tidak terlalu serius dan menghibur sehingga siapapun yang menontonnya seolah larut (merasakan) bahkan sampai dibuat terkagum-kagum dengan apa yang diceritakan dan apa yang dialami oleh tokoh tersebut.

3. Sentilan Sentilun (Metro TV)

Kolaborasi Bapak Slamet Rahardjo dan Bapak Butet Kartaredjasa, Penulis katakan sebagai sesuatu kombinasi yang sempurna. Dengan menggambarkan sosok tuan dan pembantu mengundang daya tarik tersendiri yang menontonnya. Tokoh-tokoh yang diundang dalam program acara ini meliputi pakar ahli maupun segelintir tokoh kenamaan yang publik kenal. Program acara ini dikemas agar menghibur, namun tidak meninggalkan dasar inti tujuan program acara agar informatif dengan membahas materi yang sedang hangat dibicarakan oleh publik.

4. Ini Talk Show (Net.)

Sebagai stasiun televisi yang belum lama hadir menghiasi layar kaca pemirsa, Net. bisa dibilang sangat cermat melihat program acara apa yang diminati oleh masyarakat dan salah satu program acara menarik tersebut yaitu Ini Talk Show. Dipandu oleh Andre dan Sule serta beberapa peran pembantu lainnya, menghadirkan sebuah tayangan Talk Show sederhana namun sangatlah menghibur dimana seringkali tingkah konyol Andre dan Sule membuat tawa menjadi daya tarik untuk menontonnya. Tokoh-tokoh yang diundang ke program acara ini umumnya kalangan artis dan materi yang dibawakan dalam cakupan dunia hiburan maupun hal yang perhatian publik di media sosial.

Tayangan program acara Talk Show diatas kiranya Penulis anggap dapat mewakili dari beragam Talk Show berkualitas dan menghibur lainnya tanpa menyisihkan sisi informatif dan edukatif kepada masyarakat yang menontonnya. Mungkin yang membuat miris Penulis yaitu adanya beberapa Talk Show yang hanya bersifat komersil atau mengejar rating tinggi tanpa memikirkan kualitas mutu (bahkan terlihat seronok) program acara tersebut demi keuntungan semata. Seolah-olah ada maksud tujuan tertentu, seperti memperkeruh suasana (memberikan persepsi negatif kepada masyarakat) dan mempublikasi (pencitraan) tokoh tersebut sehingga Talk Show dijadikan sebagai ajang provokasi dan promosi (agar tenar) maupun (menaikkan rating) program acara keseluruhan yang dimiliki oleh stasiun televisi itu sendiri.

Televisi sudah selayaknya menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam keseharian masyarakat, tentunya hal tersebut tersimpan dampak yang sewaktu-waktu bisa saja muncul. Oleh karena itu kembali lagi kita disini (Penulis dan pembaca) selaku penikmat televisi untuk lebih bijak lagi memilih program acara yang kiranya memiliki kualitas baik dari segi manfaat, mendidik, dan bermartabat. Semoga saja kedepannya akan bermunculan program acara yang memiliki aspek tersebut demi generasi bangsa yang lebih baik. Demikian artikel Penulis, mohon maaf bilamana ada kekurangan dikarenakan kekurangan milik Penulis pribadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s